About me

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Instagram: @dewikusumapratiwi Facebook: https://www.facebook.com/dewi.kusumapratiwi

Jumat, 16 Februari 2018

Guru Yang Berpendidikan Tinggi

Wanita yang berpendidikan tinggi tentu memiliki selera yang tinggi. Menjadi wanita karier mungkin adalah salah satu impiannya. Wanita mana yang tidak suka mandiri? Kokoh, tidak bergantung pada orang lain, dan mampu memenuhi kebutuhannya sendiri. Wanita mana yang tidak suka belanja? Meskipun barang yang dibelanjakannya memang termasuk kebutuhan premier. Namun wanita berpendidikan tinggi bisa menentukan, untuk apa ia berpendidikan tinggi.

Fokus menjadi ibu rumah tangga bagi wanita berpendidikan tinggi adalah pilihan yang penuh dengan resiko. Akan ada suara-suara yang tidak enak didengar dan tidak jarang membuatnya baper. Misalnya, "buat apa sekolah tinggi-tinggi kalau ujung-ujungnya masuk dapur", atau "lulusan sarjana kok gak kerja", atau "lulusan S2 kok cuma ngurus anak", dan lain sebagainya. Ia juga harus siap menahan setiap keinginannya untuk membeli sesuatu karena ia tidak memiliki penghasilan sendiri. Setiap uang yang diberikan oleh suaminya harus ia atur dengan baik supaya semua kebutuhan keluarga terpenuhi.

Wanita berpendidikan tinggi yang memilih fokus menjadi ibu rumah tangga tentu tahu, bahwa perjuangannya dalam menuntut ilmu selama ini adalah untuk menjadi seorang guru. Di mana ia akan menjadi guru pertama bagi anak-anaknya, bahkan sejak sebelum mereka lahir. Ada amanah berat yang harus ia emban, yaitu melahirkan dan mendidik generasi-generasi yang baik agar kelak dapat membangun bangsa yang baik pula.

Seorang ibu dapat mendidik anaknya sejak ada dalam kandungan. Mengajaknya bicara dan menanamkan hal-hal positif. Lalu ketika lahir, ia bisa mulai memberikan stimulasi untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya. Tidak hanya soal tumbuh kembang fisik, namun juga mental. Ia perlu fokus, ketelatenan dan kesabaran.

Layaknya seorang guru, ia membagikan ilmu. Maka seorang guru harus memiliki segala ilmu yang ingin ia bagikan. Ibu yang berpendidikan tinggi tentu memiliki ilmu dan wawasan yang lebih luas. Dengan wawasannya yang luas, ia akan terus berusaha mengupgrade ilmu-ilmunya.


Ibu adalah guru yang harus belajar segala ilmu: parenting, psikologi, pengetahuan, agama, dan lain sebagainya. Ia harus mampu menjawab setiap pertanyaan anak-anaknya dengan bijak. Ia juga harus terus berusaha menjadi pribadi yang lebih baik lagi untuk memberikan keteladanan yang baik. Dengan begitu, ia akan menjadi sosok guru yang baik. Karena generasi terbaik dididik oleh guru terbaik.

#day26 #30dayswritingchallenge #30DWCjilid11 #tulisanbertema #guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar