About me

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Instagram: @dewikusumapratiwi Facebook: https://www.facebook.com/dewi.kusumapratiwi

Senin, 29 Januari 2018

Perjuangkan ASI Eksklusif

Perjuangan ASI Eksklusif

Perjuangan seorang ibu tidak berhenti setelah ia melahirkan bayinya. Memberikan ASI eksklusif akan menjadi perjuangannya selama 6 bulan ke depan dan berlanjut hingga bayinya berusia 2 tahun. Kita ketahui bahwa ASI adalah makanan terbaik bagi seorang bayi. Allah sudah mendesainnya dengan gizi dan imun terlengkap dan terbaik. Allah memberikannya secara gratis. Allah juga memberikan perintah di dalam Al Quran mengenai pemberian ASI.

ASI yang keluar setelah bayi lahir yang berwarna kekunigan disebut kolostrum. Kolostrum ini jumlahnya memang tidak banyak dan sangat baik diberikan kepada bayi karena merupakan imun terbaiknya. Bayi baru lahir lambungnya masih sangat kecil dan kebutuhan ASInya belun terlalu banyak. Bahkan bayi yang baru saja lahir membawa cadangan makanan dari dalam janin untuk persediaan 3 hari ke depan. Jadi jisa dikatakan, bayi baru lahir tidak yerlalu membutuhkan asupan dari luar selama 3 hari ke depan.

Tidak semua pelayan kesehatan dan orang tua pro ASI eksklusif. Seperti yang aku rasakan pasca kelahiran 2 bayiku. ASIku masih belum banyak dan aku disuruh memberikan tambahan susu formula. Padahal yang kuketahui, semakin bayi menghisap, akan semakin memacu keluarnya ASI. Dan di 3 hari pertama ia hanya membutuhkan kolostrum dan sedikit saja ASI karena lambungnya pun masih kecil. Perlu dukungan suami untuk tetap memberikannya ASI eksklusif meskipun orang sekitar tidak mendukung. Hanya ASI, tidak ditambah susu formula, bahkan air putih sekalipun. Karena ASI lah asupan terbaik bagi bayi berusia di bawah 6 bulan.

#day7 #30DWC #30DWCjilid11 #gerakanASIeksklusif #mamapejuangASI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar