About me

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Instagram: @dewikusumapratiwi Facebook: https://www.facebook.com/dewi.kusumapratiwi

Sabtu, 27 Januari 2018

Mendidik Anak dengan Mendidik Diri Sendiri

Pagi ini saya mengikuti Kajian Sabtu Dhuha di Masjid Salman ITB. Pematerinya kali ini dari Yayasan Al Fatih Peradaban, sekolah yang saya impikan untuk anak saya nanti. Mengapa saya menginginkan sekolah tersebut? Karena kurikulumnya sesuai dengan parenting kenabian, iman dan Al Quran. Saya tahu bahwa kita sedang berada di akhir zaman. Tanda-tandanya pun sudah jelas. Maka PR bagi saya dan suami sebagai orang tua untuk mendidik anak-anak kami menjadi generasi terbaik akhir zaman, generasi Al Fatih akhir zaman.

Tema kajian kali ini adalah "Tahapan Mendidik Anak Agar Otak Brilian". Hal terpenting yang saya tangkap dari isi kajian tersebut adalah "dasar dari parenting adalah takwa". Tentang keinginan agar anak kita menjadi sesuatu seperti dokter, insinyur, dan lain sebagainya, bukanlah hal utama. Pelajaran-pelajaran seperti IPA, matematika, dan bahasa bisa dipelajari dengan cepat. Namun mendidiknya untuk bertakwa itu yang paling berat.

Salah satu ayat di dalam Al Quran, "Bertakwalah kepada Allah maka Allah akan mengajarimu" menunjukkan bahwa dengan bertakwa maka Allah akan mengajari kita apa saja yang kita mau. Rasulullah SAW yang tidak kita ragukan ketakwaannya, pernah belajar bahasa asing (bahasa orang yahudi) selama 17 hari. Sultan Muhammad Al Fatih mampu memindahkan kapal perang melalui bukit sejauh 5 mil karena petunjuk dari Allah. Beliau dan pasukannya memiliki iman yang kuat. Mereka rajin beribadah, tilawah, sholat tahajud, dan lain sebagainya. Merekalah pasukan terpilih yang berhasil menaklukkan Konstantinopel. Umar bin Abdul Aziz menjadi pemimpin selama 2 tahun 5 bulan. Saat itu rakyatnya sangat makmur, bahkan tidak ada orang yang berhak menerima zakat. Di masa kepemimpinannya, ia membayar semua hutang rakyatnya hingga rakyatnya hidup makmur. Beliau dan generasinya adalah orang-orang yang bertakwa. Orang yang paling lemah imannya saja melakukan tilawah sebanyak 1 juz per hari.

Generasi terbaik itu dididik oleh guru terbaik. Jika kita mendidik anak, yang paling utama adalah didiklah diri sendiri terlebih dahulu. Jika kita ingin anak kita menghafal Al Quran, maka berusahalah juga untuk menghafal Al Quran. Jika kita ingin anak kita bertakwa kepada Allah, maka bertakwalah juga kepada Allah. Itulah garis besar materi yang saya tangkap pagi ini. Semoga bermanfaat untuk kita.

#day6 #30DWC #30DWCjilid11 #writingchallenge #tantanganmenulis #menulis #menulisonline #parenting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar