About me

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Instagram: @dewikusumapratiwi Facebook: https://www.facebook.com/dewi.kusumapratiwi

Kamis, 11 Juli 2013

Ramadhan Efektif part 1

"Pada bulan ramadhan, setiap amal kebaikan akan dibalas dengan 10x kebaikan, kemudian dilipatgandakan sebanyak 700x kebaikan. Kecuali puasa. Sesungguhnya, puasa itu untuk Allah dan Allah sendirilah yang akan membalasnya" (redaksi asli, lihat di hadits)

"Banyak orang yang berpuasa namun tidak mendapatkan apa2 kecuali lapar dan dahaga" (redaksi asli, lihat di hadits)
Karena puasa tidak sekedar menahan lapar dan dahaga, melainkan menahan diri dari yang haram, makruh, bahkan yang mubah saja sebaiknya ditinggalkan. Meninggalkan ucapan2 yg sia2, meninggalkan hal2 yg sia2 didengar, dan meninggalkan hal2 yg tidak berguna untuk dilakukan meskipun hukumnya mubah dan makruh.
[Isi ceramah kemarin malam]
Terus mikir, terkadang masih sering melakukan perbuatan sia2 seperti ngobrol di whatsapp, twitter, message, sms. Sering juga mengerjakan sesuatu tidak cekatan, padahal kerjaan sangat banyak. Tidur juga masih banyak, bahkan terkadang lebih dari 4 jam. Padahal, setiap detik di bulan ramadhan ini sangat berharga. Segala kebaikan akan dilipatgandakan sangat banyak. Namun diri ini masih sering menyia2kannya. :'(
#muhasabbahdiri
Namun, ternyata kebaikan bukan hanya ibadah shalat-tilawah-shadaqah, berinteraksi dg saudara2 kita jika kita niatkan untuk silaturahmi insya Allah bernilai ibadah, membaca buku jika kita niatkan untuk menuntut ilmu karena ingin lebih mendekatkan diri kepada Allah insya Allah bernilai ibadah, mengerjakan TA jika kita niatkan untuk jihad (baca: menuntut ilmu) insya Allah juga akan bernilai ibadah, membaca,mendengarkan & melihat media jika kita niatkan untuk memperluas tsaqafah insya Allah akan bernilai ibadah. Banyak sekali hal2 positif dan kebaikan yang bisa bernilai ibadah. Semua tergantung niat.
Jadi intinya, "selalu luruskan niat, semuanya karena Allah"
^_^
Allaahu 'alam
#RamadhanEfektif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar