About me

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Instagram: @dewikusumapratiwi Facebook: https://www.facebook.com/dewi.kusumapratiwi

Jumat, 08 Mei 2015

Stop Vandalisme, Cintai Alam Kita!!!

Kalau film-film semacam *cm dan R*m** R*nj*n* menambah pecinta alam di Indonesia sih fine-fine aja...
Tapi kalau cuma nambah vandalisme dan alayers di alam, mungkin aku setuju dengan pernyataan beberapa orang temenku yang pecinta alam, bahwa "film-film itu menurunkan derajat para pecinta alam".
Tidak edukatif, namun malah merusak.
Mulai dari hal pribadi saja sudah tidak sesuai. Pakaian misalnya.
Kemudian melihat beberapa efek yang terjadi pada alam kita:
Setelah film *cm, salah satu gunung yang diusung dalam film itu sekarang jadi ramai banget. Apakah ramai itu salah? Tentu tidak. Malahan menurutku bagus, kalau memang semakin banyak anak muda yang mencintai alam. Tapi yang salah adalah gunung itu jadi kotor banget.
Juga gunung-gunung yang lain. Banyak corat coret tulisan alay, sampah berserakan, dan bunga langka yang dipetik sembarangan. Apakah mereka yang menyebabkan itu layak disebut mencintai alam?
Lalu, bagaimana nasib gunung yang sedang diusung dalam film terbaru saat ini, R*m** R*nj*n*?

Aku akui, aku pun adalah salah satu korban film sebelumnya.
Aku bukan anak pecinta alam (sispala, mapala, wanadri) yang melalui kaderisasi pecinta alam secara formal.
Aku belum sestrong mereka. Staminaku masih payah.
Aku pun hiking tidak setulus mereka yang benar-benar ingin menikmati dan mencintai alam. Buktinya sepulang dari hiking, aku selalu membawa banyak poto gambar diriku selama di alam. Aku masih narsis, mungkin gak beda sama anak-anak alay itu.

Namun, aku menghargai para pecinta alam.
Sedikit-sedikit aku belajar kode etik pecinta alam dari mereka. Aku memperhatikan spek standar yang harus aku bawa dan aku pakai.
Aku tidak melakukan aksi vandalisme dengan main corat-coret, metik bunga, atau buang sampah sembarangan.
Dan aku menjaga sikap selama di alam...

Aku memang bukan anak pecinta alam, seperti mereka yang aku kagumi...
Namun, aku mulai mencintai alam...
Dan mencoba satu jiwa dengan mereka...

Sebaiknya para produser film Indonesia membuat film-film yang lebih edukatif.
Sebaiknya generasi muda mulai mencintai tanah airnya dan menjaga anugerah indah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

#savenature #lovenature #stopvandalisme #perhatikankodeetik #hargaiparapecintaalam #JagaAlamIndonesia #CintaiAlamIndonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar